Bank Mandiri Salurkan Kredit Sindikasi Terbesar di Indonesia

Bank MandiriPT Bank Mandiri Tbk (BMRI) fokus memberikan kredit sindikasi kepada perusahaan yang membutuhkan. Hal ini mengukuhkan perseroan sebagai bank penyalur kredit sindikasi terbesar di Indonesia selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2011.

Menurut data Bloomberg, kredit sindikasi yang ditangani Bank Mandiri pada tahun lalu sebanyak 18 transaksi senilai total 1,4 miliar dollar AS atau setara dengan sekitar Rp 13,4 triliun. Jumlah penyaluran kredit sindikasi tersebut menempatkan Bank Mandiri di posisi teratas daftar 10 besar mandated arranger di tanah air. Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok menjelaskan salah satu transaksi kredit sindikasi yang dilakukan Bank Mandiri pada tahun lalu adalah pembiayaan kepada PT Krakatau Steel (Persero) Tbk untuk pembangunan pabrik Blast Furnace di Cilegon.

Pada transaksi dengan nilai total 450 juta dollar AS tersebut, Bank Mandiri bertindak sebagai mandated lead arranger bersama dengan BNI dan BRI khususnya untuk onshore loan dengan nilai pembiayaan Bank Mandiri sebesar 300 juta dollar AS atau setara dengan sekitar Rp 2,95 triliun yang di dalamnya termasuk standby facility. Fransisca mengatakan, penyaluran pembiayaan dengan pola sindikasi dianggap efektif untuk mendukung pelaksanaan proyek-proyek besar, khususnya sektor infrastruktur.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan peran aktif dalam mendukung upaya pengembangan bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui aliansi dengan bank lain. Sebab, dengan aliansi, peran perbankan dalam mendukung ekonomi dapat lebih optimal,” kata Fransisca di Jakarta, Kamis (10/1/2013). Sejalan dengan pencapaian Bank Mandiri, PT Mandiri Sekuritas, anak perusahaan Bank Mandiri, juga mencatat keberhasilan dalam mempertahankan posisi sebagai penjamin emisi terbesar dan teraktif di Indonesia.

Sebagai investment bank terbaik di Indonesia, Mandiri Sekuritas menguasai pangsa pasar penjaminan emisi senilai total Rp 11,456 triliun dari 33 perusahaan di sepanjang 2012. Selain itu, di tahun lalu Mandiri Sekuritas juga turut menangani rights issue Bank Tabungan Negara senilai Rp 1,87 triliun dengan hasil yang memuaskan.

Sumber : Kompas

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s